Jenis-jenis UML dan Simbolnya


JENIS-JENIS UML BESERTA SIMBOLNYA
17 November 2019
HERLI DAVITSON
Read it casually and ENJOY......

UML merupakan singkatan dari “Unified Modelling Language” yaitu suatu metode permodelan secara visual untuk sarana perancangan sistem berorientasi objek, atau definisi UML yaitu sebagai suatu bahasa yang sudah menjadi standar pada visualisasi, perancangan dan juga pendokumentasian sistem software. Saat ini UML sudah menjadi bahasa standar dalam penulisan blue print software.

Berikut ini merupakan jenis-jenis UML beserta dengan simbolnya :

1. Simbol Use Case Diagram
Use case diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan interaksi antara sistem dan aktor, use case diagram juga dapat men-deskripsikan tipe interaksi antara si pemakai sistem dengan sistemnya.

Contoh :





Komponen
·        Actor
Orang proses, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem informasi yang akan dibuat di luar sistem informasi yang akan dibuat itu sendiri, jadi walaupun simbol dari actor adalah gambar orang, biasanya dinyatakan menggunakan kata benda di awal frase nama actor.

Simbol :




·        Use Case

Fungsionalitas yang disediakan sistem sebagai unit-unit yang saling bertukar pesan antar unit atau actor biasanya dinyatakan dengan menggunakan kata kerja frase nama use case.

Simbol :

·        Asosiasi / Association
Komunikasi antar actor dan use case yang berpartisipasi pada use case atau use case memiliki interaksi dengan actor.

Simbol :

·        Ekstensi / Extend
Relasi use case tambahan ke sebuah use case dimana use case yang ditambahkan dapat berdiri senciri walau tanpa use case tambahan memiliki nama depan yang sama dengan use case yang ditambahkan.
Simbol :

·        Generasilasi / Generalization
Hubungan generalisasi dan spesialisasi (umum-khusus) antara dua buah use case dimana fungsi yang satu adalah fungsi yang lebih umum dari lainnya.
Simbol :

·        Menggunakan / Include
Relasi use case tambahan ke sebuah use case dimana use case yang ditambahkan memerlukan use case ini untuk menjalankan fungsional atau sebagai syarat dijalankan use case ini.
Simbol :

2. Activity Diagram

Activity diagram atau diagram aktivitas yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang dapat memodelkan proses-proses apa saja yang terjadi pada sistem.

Contoh :

Komponen
·        Status Awal / Initial

Status awal aktivitas sistem, sebuah diagram aktivitas memiliki sebuah status awal.

Simbol :




·        Aktivitas / Activity

Aktivitas yang dilakukan sistem, aktivitas biasanya diawali dengan kata kerja.
Simbol :
 
·        Percabangan / Decision
Asosiasi percabangan dimana lebih dari satu aktivitas digabungkan menjadi satu.
Simbol :
 
·        Penggabungan / Join
Asosiasi penggabungan dimana lebih dari satu aktivitas lebih dari satu.
Simbol :
·        Status Akhir / Final
Status akhir yang dilakukan sistem, sebuah diagram aktivitas memiliki sebuah status baru.
Simbol :

·        Swimline
Memisahkan organisasi bisnis yang bertanggungjawab terhadap aktivitas yang terjadi.
Simbol :

3. Class Diagram

Class diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang digunakan untuk menampilkan kelas-kelas maupun paket-paket yang ada pada suatu sistem yang nantinya akan digunakan. Jadi diagram ini dapat memberikan sebuah gambaran mengenai sistem maupun relasi-relasi yang terdapat pada sistem tersebut.
Contoh :

Komponen
·        Generalization

Hubungan dimana objek anak (descendent) sebagai perilaku dan struktur data dari objek yang ada di atasnya objek induk (ancestor).

Simbol :




·        Nary Association

Upaya untuk menghindari asosiasi dengan lebih dari 2 objek.
Simbol :
 
·        Class
Himpunan dari objek-objek yang berbagi atribut serta operasi yang sama.
Simbol :
 
·        Collaboration
Deskripsi dari urutan aksi-aksi yang ditampilkan sistem yang menghasilkan suatu hasil yang terukur bagi suatu actor.
Simbol :
·        Realization
Operasi yang benar-benar dilakukan oleh suatu objek.
Simbol :
·        Dependency
Hubungan dimana perubahan yang terjadi pada suatu elemen mandiri (indipendent) akan mempengaruhi elemen yang bergantung pada elemen yang tidak mandiri.
Simbol :
·        Association
Apa yang menghubungkan antara objek satu dengan objek lainnya.
Simbol :

4. Squence Diagram

Sequence diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menjelaskan interaksi objek yang berdasarkan urutan waktu, sequence diagram juga dapat menggambarkan urutan atau tahapan yang harus dilakukan untuk dapat menghasilkan sesuatu seperti pada use case diagram.
Contoh :
 

Komponen
·        Lifeline

Objek entity, antarmuka yang saling berinterkasi.

Simbol :



·        Message
Spesifikasi dari komunikasi antar objek yang memuat informasi-informasi tentang aktifitas yang terjadi.
Simbol :

·        Message


Spesifikasi dari komunikasi antar objek yang memuat informasi-informasi tentang aktifitas yang terjadi.

Simbol :




5. Component Diagram
Component diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan softwere pada suatu sistem. Component diagram merupakan penerapan softwere dari satu ataupun lebih class, dan biasanya berupa file data atau .exe, source kode, table, dokumen dsb.

Contoh :

Komponen
·        Package
Bungkusan dari satu atau lebih komponen.

Simbol : 




·        Komponen / Component
Komponen yang terdapat pada sistem.
Simbol : 

·        Kebergantungan / Dependency
Ketergantungan atau dependency atau kebergantungan antar komponen, arah panah mengarah pada komponen yang dipakai.
Simbol : 


·        armuka / Interface
Antarmuka pada pemrograman berorientasi objek, yaitu sebagai antarmuka komponen agar tidak mengakses langsung komponen.
Simbol :
 
·        Link
Menggambarkan relasi antar komponen.
Simbol :

6. Deployment Diagram
Deployment diagram yaitu salah satu diagram pada UML yang menunjukan tata letak suatu sistem secara fisik, dapat juga dikatakan untuk menampilkan bagian-bagian softwere yang terdapat pada hardwere dan digunakan untuk menerapkan suatu sistem dan hubungan antara komponen hardwere. Jadi Deployment diagram intinya untuk menunjukan letak softwere pada hardwere yang digunakan sistem.


Contoh :

Komponen
·        Package
Bungkusan dari satu atau lebih komponen.

Simbol : 



·        Node

Node biasa mengacu pada perangkat keras (hardware), perangkat lunak yang tidak dibuat sendiri (software), jika di dalam node disertakan komponen untuk mengkonsistenkan rancangan maka komponen yang telah didefinisikan sebelumnya pada diagram komponen.
Simbol :

·        Kebergantungan / Dependency
Ketergantungan atau dependency atau kebergantungan antar komponen, arah panah mengarah pada komponen yang dipakai.
Simbol : 



·        Link

Menggambarkan relasi antar komponen.

Simbol :





7. Statemachine Diagram

Statemachine diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan transisi maupun perubahan keadaan suatu objek pada sistem.

Contoh :

Komponen
·        Status Awal / Initial
Status awal aktivitas sistem, sebuah diagram aktivitas memiliki sebuah status awal.
Simbol :




·        Event

Suatu kejadian yang dapat membuat state dari objek berubah.
Simbol :
·       
 State
Status dari objek.
Simbol :
·         Final State
Status akhir yang dilakukan sistem, sebuah diagram aktivitas memiliki sebuah status baru.
Simbol :

 
8. Communication Diagram
Communication diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang dapat menggamabarkan tahapan terjadinya suatu aktivitas dan diagram ini juga menggambarkan interaksi antara objek yang ada pada sistem. Hampir sama seperti sequence diagram akan tetapi communication diagram lebih menekankan kepada peranan masing-masing objek pada sistem.
Contoh :

Komponen
·        Object
Object merupakan instance dari sebuah class dan dituliskan tersusun secara horizontal. Digambarkan sebagai sebuah class (kotak) dengan nama object didalamnya yang diawali dengan sebuah titik koma.

Simbol :
 

·        Actor
Orang proses, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem informasi yang akan dibuat di luar sistem informasi yang akan dibuat itu sendiri, jadi walaupun simbol dari actor adalah gambar orang, biasanya dinyatakan menggunakan kata benda di awal frase nama actor.
Simbol :
 
·        Message
Spesifikasi dari komunikasi antar objek yang memuat informasi-informasi tentang aktifitas yang terjadi.
Simbol :
 
9. Object Diagram
Diagram Objek menggambarkan struktur sistem dari segi penamaan objek dan jalannya objek dalam sistem. dalam diagram objek harus di pastikan bahwa semua kelas yang sudah didefinisikan pada diagram kelas harus dipakai objeknya, karena jika tidak pendefinisian kelas itu tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Contoh :

Komponen
·        Object
Object merupakan instance dari sebuah class dan dituliskan tersusun secara horizontal. Digambarkan sebagai sebuah class (kotak) dengan nama object didalamnya yang diawali dengan sebuah titik koma.
Simbol :

·        Link
Menggambarkan relasi antar komponen.
Simbol :

10. Composite Structure Diagram
Diagram struktur komposit menggambarkan struktur internal dari pengklasifikasi terstruktur dengan menggunakan bagian, pelabuhan, dan konektor. Sebuah penggolong terstruktur mendefinisikan pelaksanaan penggolongan dan dapat mencakup kelas, komponen, atau penempatan node. Anda dapat menggunakan diagram struktur komposit untuk menunjukkan rincian internal penggolongan dan untuk menggambarkan objek dan peran yang bekerja sama untuk melakukan perilaku yang mengandung penggolongan.


Contoh :


Komponen
·        Structured Clasissifier
Simbol : 
 
·        Encapsuled Structured
Simbol : 
 
·        Structured Class
Simbol : 
 

·        Property
Simbol : 
 

·        Part
Simbol : 
 
·        Service Port
Simbol : 
 
·        Behavior Port
Simbol : 
 
11. Interaction Overview Diagram
Interaction Overview Diagram adalah memvisualisasikan kerjasama antara activity diagram dengan sequence diagram. Interaction Overview Diagram dapat dianggap sebagai activity diagram dimana semua aktivitas diganti dengan sedikit sequence diagram, atau bisa juga dianggap sebagai sequence diagram yang dirincikan dengan notasi activity diagram yang digunakan untuk menunjukkan aliran pengawasan.

Contoh :
 
Komponen
·        Decicion
Unsur yang menunjukkan titik perkembangan bersyarat: jika kondisi benar, maka proses terus. Jika tidak, maka yang lain.
Simbol :

·        Status Awal / Initial
Status awal aktivitas sistem, sebuah diagram aktivitas memiliki sebuah status awal.
Simbol :

·        Final State
Status akhir yang dilakukan sistem, sebuah diagram aktivitas memiliki sebuah status baru.
Simbol :

·        Aktivitas / Activity
Aktivitas yang dilakukan sistem, aktivitas biasanya diawali dengan kata kerja.
Simbol :
 
·        Control Flow
Konektor yang menghubungkan dua node dalam sebuah diagram.
Simbol :

12. Package Diagram
Package Diagram (diagram paket) adalah sekelompok elemen-elemen model. sebuah paket dapat berisi elemen-elemen model yang berlainan, termasuk paket-paket untuk menciptakan/menggambarkan sifat hiraki. sebuah paket diberi nama yang menggambarkan isinya. oleh karena itu package dapat digunakan untuk beberapa keperluan dan kebutuhan.

Contoh :

Komponen
·        Package
Bungkusan dari satu atau lebih komponen.
Simbol : 
 
·        Import
Suatu dependency yang mengindikasikan isi tujuan paket secara umum yang ditambahkan kedalam sumber paket.

Simbol : 


·        Access
Suatu dependency yang mengindikasikan isi tujuan paket secara umum  yang bisa digunakan pada nama sumber paket.

Simbol : 

13. Timing Diagram
Bentuk lain dari interaction diagram, dimana fokus utamanya lebih ke waktu. Timing diagram sangat berdaya guna dalam menunjukkan faktor pembatas waktu diantara perubahan state pada objek yang berbeda.

Contoh : 

Komponen
·         Lifeline
Simbol :
·         State / Condition Timeline
Simbol :

·        Duration Constraint
Simbol :

·        Time Constraint
Simbol :

·        Destruction Occureence
Simbol :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL SISTEM ( DFD , UML )